F Apakah Wasir itu ? | Obat Wasir Ambeien

Wednesday, January 24, 2018

Apakah Wasir itu ?

Hemorrhoid, disebut juga wasir, yaitu kondisi pembuluh darah yang membesar di sekitar anus. Pembuluh darah yang membesar ini digambarkan sebagai bantalan anal. Wasir ada di setiap orang, tetapi wasir ini hanya dianggap abnormal apabila bantalannya membesar.

Meski bukan kondisi medis yang berat, tetapi wasir bisa mengganggu hidup penderitanya. Penyakit ini ditandai dengan rasa sakit terutama ketika buang air besar. Pola makan kurang serat bisa memperparah kondisi wasir sehingga berkembang ke stadium lanjut.

Wasir atau ambeien merupakan pembesaran sekelompok pembuluh darah balik (vena) yang berada di anus, persis di bawah selaput yang membatasi bagian rektum dan anus. Dalam istilah medis, wasir dikenal dengan nama hemoroid yang sebenarnya adalah sekelompok pembuluh darah vena tersebut.

Apakah Hemoroid (Wasir) itu?
Hemoroid, juga disebut wasir, adalah pembuluh darah yang membesar di sekitar anus. Pembuluh darah yang membesar ini digambarkan sebagai bantalan anal. Wasir ada di setiap orang, tetapi wasir ini hanya dianggap abnormal apabila bantalannya membesar.
Wasir diklasifikasikan sebagai berikut:
Wasir stadium pertama - Wasir di bagian dalam yang berdarah
Wasir stadium kedua - Benjolan pada anus yang menonjol keluar setelah mengejan, kemudian langsung menghilang setelahnya.
Wasir stadium ketiga - Benjolan pada anus yang menonjol keluar setelah mengejan, tetapi harus didorong kembali oleh jari tangan ke dalam anus setelahnya.
Wasir stadium keempat - Benjolan yang tidak dapat didorong kembali ke dalam anus

Wasir

PENYEBAB
Wasir adalah anyaman pembuluh darah yang menjadi bantalan anus yang membengkak. Anyaman pembuluh darah ini sebenarnya berfungsi sebagai katup agar kotoran tidak mudah keluar dan pelindung bagian dalam anus agar tidak lecet saat buang air besar.
Bantalan anus akan menjadi wasir jika saat kondisinya lemah mendapat tekanan tinggi dan aliran darah dari arteri yang lebih besar ketimbang aliran darah yang kembali.
Bantalan anus bisa lemah akibat pengaruh usia. Adapun tekanan tinggi bisa disebabkan oleh gangguan kehamilan, batuk, mengejan, sulit kencing, diare, dan stres.
Terdapat banyak faktor risiko yang menyebabkan pengembangan wasir. Faktor yang paling umum mencakup:

  • Konstipasi atau Diare
  • Selama kehamilan, akibat tekanan dari janin yang semakin membesar dan tekanan sewaktu persalinan pada pembuluh darah di sekitar anus.
  • Mengejan berlebihan sewaktu buang air besar (BAB).
  • Duduk di toilet untuk waktu yang lama.
  • Juga ada faktor risiko lain yang memicu pengembangan wasir, dan ini mencakup:
  • Berat badan yang berlebihan.
  • Memiliki riwayat keluarga yang menderita wasir.
  • Memiliki tumor intra-abdominal atau pelvis (bukan penyebab umum)
  • Pola makan yang tidak mengandung cukup banyak serat


GEJALA
Gejala wasir yang paling umum mencakup:
Perubahan kebiasaan buang air besar (konstipasi atau diare).
Perubahan pada pembuangan tinja.
Merasa bahwa BAB (Buang Air Besar) Anda belum tuntas sepenuhnya.
Terdapat darah dalam tinja Anda.
Tinja Anda lebih sempit daripada biasanya.
Gatal pada anus.
Benjolan yang tampak nyata pada anus.
Sakit selama dan sesudah mengejan.
Berat badan menyusut dan hilang selera makan yang tidak dapat dijelaskan.
Yang penting Anda perhatikan, walaupun semua gejala ini menyerupai gejala kanker kolorektal, Anda harus harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan hasil pemeriksaan selengkapnya sebelum gejala Anda dipastikan sebagai gejala wasir.

TERAPI WASIR
Terapi Wasir bergantung pada jenis dan keparahan wasir. Tindakan pencegahan sederhana, seperti meningkatkan asupan serat dan minum banyak air agar BAB teratur dan tanpa harus mengejan. Namun demikian, jika itu tidak membantu, maka terapi lainnya, yaitu :

  • Larutan kimia disuntikkan ke dalam Wasir, yang akan menyebabkan wasir menyusut dan lepas (bisa berhasil untuk Wasir stadium pertama dan kedua).
  • Alat khusus dapat dimasukkan ke dalam anus untuk mengikat pembuluh darah yang memasok darah ke Wasir.
  • Pengobatan (tablet atau suppositoria) untuk menerapi Wasir kecil.
  • Terapi dengan ikatan karet (ligasi) untuk menerapi wasir stadium pertama atau kedua. Ikatan karet ditempatkan pada wasir untuk memotong pasokan darahnya.
  • Pembedahan (Hemoroidektomi) untuk memotong wasir stadium ketiga dan keempat, menggunakan berbagai teknik pembedahan.

Untuk menghindari pembedahan, cobalah rutin mengkonsumsi Probiotik Extra VCO

Baca juga Ramuan Tanaman untuk Pengobatan Wasir

Apakah Wasir itu ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Produsen VCO